Saham Indonesia

ESTI | Ever Shine Tex Tbk.

Saham Chat


Click sini untuk berkomentar!!!

23-Jun-17 20:07 | jet fighter *guest*:
Sip bapak aburizal sukses jadi palang merah

23-Jun-17 20:06 | sada *guest*:
@Top1 where are you?? Minta dong pendapat tentang RI BUMI yang sekarang lagi hot hotnya...

23-Jun-17 19:37 | fakta nyata *guest*:
Ada ada saja beda Perampok dan Rumah Sakit

23-Jun-17 19:15 | Philipp Lahm *guest*:
PT Bumi Resources Tbk (Bumi) - Timetable for Rights Issue & MCB's Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB): 7 Feb 2017 Tanggal Efektif: 22 Jun 2017 Tanggal Terakhir Perdagangan Saham dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) di: • Pasar Reguler dan Negosiasi 7 July 2017 • Pasar Tunai 12 July 2017 Tanggal Mulai Perdagangan Saham Tanpa HMETD di: • Pasar Reguler dan Negosiasi 10 July 2017 • Pasar Tunai 13 July 2017 Tanggal Pencatatan dalam Daftar Pemegang Saham yang Berhak atas HMETD (Recording Date): 12 July 2017 Distribusi HMETD: 13 July 2017 Tanggal Pencatatan HMETD di Bursa: 14 July 2017 Periode Perdagangan HMETD: 14 - 20 July 2017 Periode Pelaksanaan HMETD: 14 - 20 July 2017 Tanggal Terakhir Pembayaran Pemesanan Saham Tambahan 24 July 2017 Tanggal Penjatahan: 25 July 2017 Periode Distribusi Saham Hasil Pelaksanan HMETD secara Elektronic: 18 - 24 July 2017 Tanggal Pengembalian Uang Pemesanan Saham Tambahan yang Tidak Memperoleh Penjatahan: 27 July 2017

23-Jun-17 16:13 | sada *guest*:
Harap para dream catcher di bursa saham,jangan kebangetan mimpinya qiqiqiqi...

23-Jun-17 15:40 | ipo lovers *guest*:
invest di saham2 IPO yang masih fresh spt HOKI, WOOD, KMTR, HRTA potensinya sangat menjanjikan. Tanam 100 juta kalau naik sampai 10X lipat bisa jadi 1 M...bisa banyak jutawan2 kaya wak wak wak ....

23-Jun-17 15:37 | ipo lovers *guest*:
sekarang ini lebih baik kumpulin saham2 yang baru IPO potensi naik bisa ratusan sampai ribuan % short term...FIRE IPO 500 sempat naik hingga 1925, MINA IPO 105 naik hingga 1700, saatnya kumpulin yang masih belum naik banyak mungkin karena listingnya dihari2 terakhir tutupan bursa. WOOD, KMTR, HOKI,HRTA...asal mau sabar naik jadi 10 X lipat dari harga sekarang juga gampang

23-Jun-17 15:14 | sada *guest*:
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2017/06/23/133335726/7-eleven.akan.berhenti.beroperasi.per.30.juni.2017 ******* Hancur mina deh yang masih nahan sahamnya...

Saham ESTI
Interactive chart? Click here!

Berita Saham ESTI

29-Nov-16 18:30 | www.netralnews.com : PT PP Bakal Terbitkan Saham Baru Rp4,411 Triliun - www.netralnews.com Baca
29-Nov-16 15:15 | mediaindonesia.com : Badan Ekonomi Kreatif Promosikan Soto Baca
29-Nov-16 13:30 | www.netralnews.com : PT PP Bakal Terbitkan Saham Baru Rp4,411 Triliun - www.netralnews.com Baca

29-Nov-16 10:00 | skalanews.com : PTPP Berencana Right Issue Senilai Rp4,441 T - skalanews Baca
29-Nov-16 09:00 | investasi.kontan.co.id : PTPP akan right issue senilai Rp 4411 triliun - Kontan Baca
29-Nov-16 07:15 | mediaindonesia.com : Kritik Najib, Kartunis Malaysia Ditangkap Baca

29-Nov-16 07:00 | economy.okezone.com : Berhasil Yakinkan Trump, Hary Tanoe Perlancar Network Dunia ... - Okezone Baca
29-Nov-16 06:45 | investasi.kontan.co.id : Koreksi IHSG masih disebabkan sentimen kurs rupiah - Kontan Baca
29-Nov-16 06:30 | antaranews.com : IHSG Senin ditutup turun 7,53 poin Baca

29-Nov-16 06:15 | www.republika.co.id : IHSG Ditutup Turun Jelang Rilis Data Ekonomi Domestik - Republika Online Baca
29-Nov-16 03:30 | https://www.merdeka.com/uang/dalam-sebulan-saham-b : Dalam sebulan, saham BTN turun 15,72 persen - merdeka.com Baca
28-Nov-16 22:45 | www.antaranews.com : IHSG Senin dibuka turun 10,68 poin - ANTARA Baca

28-Nov-16 21:45 | mediaindonesia.com : Potensi Domestik Penopang yang Baik Baca
28-Nov-16 21:45 | mediaindonesia.com : Potensi Domestik Penopang yang Baik Baca
28-Nov-16 20:15 | www.beritajatim.com : Demonstrasi 212 Bisa Jungkirkan IHSG - beritajatim Baca

28-Nov-16 19:00 | inilah.com pasar-modal : Peserta Amnesti Pajak Rendah, Menkeu Ani Ngancam Baca
28-Nov-16 18:45 | mediaindonesia.com : Pulihkan Kepercayaan Wajib Pajak Baca
28-Nov-16 18:30 | market.bisnis.com : RELIANCE SECURITIES: Investor Nanti Data Ekonomi Awal Bulan ... - Bisnis.com Baca

28-Nov-16 11:30 | nasional.kompas.com : DPR Mestinya Fokus Kinerja, Bukan Malah Gaduh Lagi - KOMPAS.com Baca
28-Nov-16 09:00 | inilah.com pasar-modal : Kuliner Khas Semarang Warnai Festival Rijsttafest Baca
27-Nov-16 21:00 | antaranews.com : Indonesia boyong "phinisi" ke Santa Parade Auckland Baca

27-Nov-16 20:45 | indopos.co.id : Black Friday Gagal Angkat Indeks, Kasus Penistaan Agama ... - Indopos Baca
27-Nov-16 16:45 | mediaindonesia.com : Pesan Transisi dari Pembuka Festival Baca
27-Nov-16 12:15 | jambi.tribunnews.com : Sepekan Investasi: Ya, Ampun Tembus Rp 13.500 - Tribun Jambi Baca

27-Nov-16 10:45 | mediaindonesia.com : Wajib Pajak yang Ikut Program Amnesti Baru 2 Persen Baca
27-Nov-16 08:00 | antaranews.com : Menkeu: wajib pajak peserta amnesti pajak masih sedikit Baca
26-Nov-16 22:15 | investasi.kontan.co.id : Sepekan Investasi: Ya, ampun tembus Rp 13.500 - Kontan Baca

26-Nov-16 21:45 | mediaindonesia.com : Guru Mesti makin Profesional Baca
26-Nov-16 17:45 | mediaindonesia.com : Korupsi Pajak Baca
26-Nov-16 11:30 | antaranews.com : Presiden Jokowi ajak rakyat ikut amnesti pajak Baca

26-Nov-16 10:00 | antaranews.com : Presiden: potensi peserta amnesti pajak masih besar Baca
26-Nov-16 07:15 | mediaindonesia.com : Indonesia Mesti Terlibat Aktif Hentikan Kekerasan di Myanmar Baca
26-Nov-16 06:30 | vivanews.com : Ditutup Menguat, Isu Rush Money Tak Pengaruhi IHSG Baca

26-Nov-16 06:15 | swa.co.id : ICN Gandeng KitaINA Pilih Tiga Blog Perjalanan Terbaik Baca
26-Nov-16 04:15 | halloindo.com : Demo 2 Desember Berdampak Negatif Tekan Laju Indeks IHSG - Hallo Indo Baca
26-Nov-16 03:30 | vivanews.com : Trump Stop TPP, Momentum RI Benahi Perdagangan Domestik Baca

26-Nov-16 01:45 | mediaindonesia.com : Plt Gubernur DKI Jakarta Minta Maaf Soal Tunggakan Listrik Sekolah Baca
26-Nov-16 01:45 | mediaindonesia.com : Klaten Gelar Festival Karawitan Baca
26-Nov-16 00:00 | inilah.com pasar-modal : Amnesti Int: Tentara Nigeria Bantai Ratusan Warga Baca

25-Nov-16 22:30 | okezone.com : Pengusaha Diminta Garap Pasar Domestik Baca
25-Nov-16 21:15 | mediaindonesia.com : Amnesti Pajak untuk Membangun Indonesia Baca
25-Nov-16 20:15 | bisnis.news.viva.co.id : Ekonomi Domestik Stabil, IHSG Diproyeksi Menguat - VIVA.co.id Baca

25-Nov-16 20:00 | vivanews.com : Ekonomi Domestik Stabil, IHSG Diproyeksi Menguat Baca
25-Nov-16 09:30 | market.bisnis.com : Amnesti Pajak, Sri Mulyani Mengancam Investor Saham - Bisnis.com Baca
25-Nov-16 07:00 | antaranews.com : Menkeu harapkan pemimpin perusahaan ikut amnesti pajak Baca

25-Nov-16 05:15 | mediaindonesia.com : Indonesia Mesti Tekan Myanmar Hentikan Konflik Rohingya Baca
25-Nov-16 05:00 | antaranews.com : Menkeu: APBN 2017 disusun dengan pertimbangkan risiko Baca
25-Nov-16 01:00 | okezone.com : 80% Susu Impor Jadi Peringatan untuk Pemerintah Baca

24-Nov-16 23:30 | inilah.com pasar-modal : Dana Minim, Menhub "Ngarep" Hasil Tax Amnesti Baca
24-Nov-16 23:00 | antaranews.com : Brexit berdampak turunnya produksi mobil Inggris, ini penjelasannya Baca

Komentar ESTI di Saham Chat


22-Jun-17 08:37 | harta *guest*:
kalau u nyangkut harta harga atas sekali, mesti sabar. tapi itu emiten boleh juga.. tapi aku rasa akan sepi hari ini. udah pada liburan lebaran bos.

20-Jun-17 12:34 | IA.:
Naik lagi harga sdh hapir di 82 USD per ton Batubara,padahal 70 cukup. Strong buy di posisi mana pun. Amazing ASRM DPNS apalagi ERAA. ERAA setelah di buang dari IM, turun.Inline. Kalau teman2 dia punya sedikit telur, pasti nggak terjadi itu. Dari pengikut Ikan Sarden tidak ada yg mau menjadi secara sukarela korban. Ayo jadi korbanlah dan dukung Ikan Sarden itu.Amazing juga dan sy masih nggak mengerti yg domestik TRIS-W. Nilai Rp 0, tapi mungkin ada surprise antara Ikan Sarden dan Ikan Makrel hari hari terakhir nanti,hahaha. Amazing juga INCI, untung pas utk membeli satu botol coca-cola, hahaha. Amazing juga MGNA-W. Kuburan besar,wow. H13.

17-Jun-17 15:39 | IA.:
Karena kasus HT tapi muncul juga potensi pada akhirnya publik mengetaui juga kasus2 lainya yg masih tertutup dari masa lalu.Akan menjadi lebih sulit masa depan mendapat Investor Asing yg asli yg tidak dibayar utk membeli saham2 dia.Investor Asing bisa juga dibayar membeli saham2 tertentu supaya klihatan menarik, dan pihak domestik biasanya membeli sering dengan mata saja, sehingga meminjam pihak asing sering sukses.Asing asli yg sdh berada di dalam supaya avg lebih baik akan tetap membeli sahamnya.Dengan Modal kecil nggak masalah tapi dengan modal besar keputusan harus inline dengan kepastian dan bukan hanya dengan harga saham utk LT. Baik utk anda tidak semua urusan relevan soal BUMI. Tapi seandenya pihak2 itu nggak mau masuk di dewan direksi dan komisaris, berarti BUMI akan bangkrut. Utk apa masuk kalau nggak akan sukses? Namun keputusan bahwa akan baik ke depan sdh ada sejak tahun yg lalu. Mereka juga masuk BRMS utk ke depan kan.Utk apa kalau nggak ada masa depan. Apakah Negara China bodoh? Apakah China tidak mengerti bisnis Batubara dan Emas dan Komo lainya?Invest secara sia2? Nilai dari ekuitas persih berada di Rp hampir 1000 per Saham sehingga kapan saja boleh masuk dengan harga di bawah Rp 1000. Cuman kalau ada profit taking, ya tunggu lagi di bawah.Tapi tetap sama, strong buy setrusnya.Jangan lupa signal2 yg muncul dari analisa teknis di BUMI sering nggak laku.Hanya di sini bisa masuk seperti juga di perbankan BC dengan Modal besar dan bisa lagi keluar kapan saja. Coba misalnya masuk di ASRM atau DPNS dengan 300 M secara total. Kapan bisa lagi keluar? Coba di INCI atau SQMI? Sekarang utk modal besar sangat cocok sektor Batubara tapi harus pilih yg benar.Di FIRE belum bisa dengan jumlah modal itu karena masih kecil.Mungkin masa depan.Di ITMG ADRO atau PTBA bisa.Mengerti ya. Kepastian jauh lebih penting dari harga saham dan analisa teknis.

16-Jun-17 12:43 | INVESTORASING:
Mujijat besar terjadi. Warranya naik. Tapi sy tidak mengerti pihak domestik. TRIS-W sementara punya nilai sebesar Rp 0 tapi yg domestik membeli? Masih berlaku sampai 28 Juni 2017. Jadi berbahaya apabila TRIS nggak naik ke 370 dengan harga sekarang. BABP-W juga kira2 sama. Namun ada juga yg cukup aman utk ke depan. BULL-W INPC-W INTA-W aman dan juga lumayan GOLL-W.Mujijat kedua terjadi lagi di Sektor Batubara karena harga naik lagi dan sekaligus harga minyak turun,inline dengan minimal satu posting sy dari tahun lalu. Strong buy di posisi mana pun.Bagus sekali utk RI dan terburuk utk Arab Saudi dan timur tenggah.Seperti anda sdh tau, ke depan timur tenggah akan dabat masalah yg nggak pernah ada sebelumnya atau pernah terjadi sebelumnya.Ri sebaiknya menurut sy konsentrasi mencari investasi dari Negara2 barat utk kepastian dan keamanan ke depan. Tapi juga dari India,China dan asia tenggara yg membeli Batubara RI sampai jauh sekali ke depan.Itu juga lakukan Arab Saudi sendiri karena takut masa mendatang. Perlu bbrp tahun waktu tapi pada akhirnya akan terjadi. Mereka sebenarnya punya hanya pasir.Rumah pasir akan habis dengan tornado ke depan. Baik kembali ke saham.Konsolidasi sdh hampir selesai. Ragi asam sdh ada di bbrp tempat utk ke depan.Kemudian FIRE naik lagi dan kita belum jual.Sy masih mikir kapan sy perintah utk menjual. Namun kalau naik terus,belum ada alasan.In utk LT tapi kalau harga saham sdh menghitung masa depan sekarang, mau nggak mau harus ambil keputusan pada waktu tertentu.Ambil posisi sesuai posting.Selamat sukses.

16-Jun-17 09:56 | sada *guest*:
434073 | 16 Jun 17 @09:36 | saham bantet *guest* (139.228.xxx.xxx): waduh rekomen saham bro investor asing bantet nih hi hi sudahlah simpan.di SDB saja.hi hi mungkin perlu pengembang yang alami proses lama mirip resep roti tradisional france. hi hi ***** Mesti sabar,long-term katanya.Mungkin 5-10 tahun..

15-Jun-17 13:22 | bromo2:
ASRM, DPNS saham2 sampah kesayangan si Top1....hihihi kena smash terus sama investorasing...hihihi, sampah dibromo2 hasilnya tetap sampah, klo mau kerek saham itu mesti pake duit ga bisa modal bacot doang, emang ini bursa nenek lu hihihi

15-Jun-17 08:59 | Macan-Tutul *guest*:
saham2 yang dimark up preclosing kemarin mesti waspada hihihihihihihi

14-Jun-17 15:32 | Philipp Lahm *guest*:
LSIP gagal testing R 1435 .Tinggal menunggu momentum penembusan.Kalau jadi tembus hari lebaran bisa happy ending di semua lokasi.Salam Neng Maya

14-Jun-17 08:18 | iklas *guest*:
berkali kali aku sudah kasih tahu, u mau maen saham bakrie mesti hati iklas. jangan marah marah gitu. siap siap aja. siap mental.

12-Jun-17 09:14 | nyangkuter 1 *guest*:
Awaaaazzzzzzzzzzzzzzzz ESTI raaaawaaaaaan peeeehaaaaaaapeeeeeeeeeeeeeeeee....

10-Jun-17 10:32 | Philipp Lahm *guest*:
Yield drop for Indonesian Bonds, suggesting investors are selling stocks to buy Bonds. Profit taking. We will be afraid if both selling.

09-Jun-17 18:41 | INVESTORASING:
Sdh banyak saham yg ke depan tidak bisa mengankat net profit secara besar cukup besar naik. Dan justru di saham2 itu Investor asing yg asli menjual sisa saham dari masa lalu, sehingga pada akhirnya ke depan di saham2 itu akan tinggal hanya pihak2 domestik dan trader domestik. Dengan demikian kuburan akan menjadi lebih besar. Pihak domestik suka membayar utk satu USD sampai 10 USD. Pihak asing tidak kecuali ada alasan.Namun karena banyak pemuda masuk baru di bursa saham, maka mereka akan di permainkan dari domestik yg profesional, akan dapat untung besar dari Ikan Sarden yg baru2 itu. Mereka akan membayar yg domestik lama.Hahaha. Bagus itu saling menghabiskan dan pada akhirnya doa bersama,hahaha. Baik saudara. Kembali kepada situasi serius. Di banyak negara utk deposito sdh nggak bisa dapat lagi banyak bunga. Justru nasabanya harus membayar Bank. Inline dengan posting lama sy. Di RI sebenarnya bunga Deposito seharusnya turun ke bunga nol atau paling 1 sampai 2 persen saja per tahun. Itulah akan paksa menghabiskan modal secara aktif. Selain itu BI harus mencari jalan keluar secara masif supaya institusi2 RI nggak membeli lagi surat2 utang dari RI sendiri. Ada juga banyak Reksadana domestik yg membeli terlalu banyak bonds. Itu pada akhirnya tidak mendorong investasi di RI sendiri, justru menjadi lebih berat. Modal itu seharusnya masuk pasar saham. Untung paling besar misalnya dari Perbankan BC dapat selalu Pihak asing dan bukan pihak domestik. Namun karena dasarnya dari yg domestik adalah mereka selalu takut karena ribuan alasan, dan sering cuman trader,maka biasa kalau pihak asing pada akhirnya selalu lebih bagus. Selamat sukses.Kevin.

08-Jun-17 10:15 | sada *guest*:
433713 | 08 Jun 17 @10:04 | bakal ruwet *guest* (139.228.xxx.xxx): Prediksi bakal ruwet di timur tengah nih potensi perang terbuka antar kubu IRAN QATAR TURKI vs ARAB SAUDI UEA BAHRAIN YAMAN MESIR cs. Yang pasti ISRAEL RUSIA KORUT tepuk tangan hi hi PECAH KONGSI SESAMA SEKUTU USA. Harga OIL bukan.naik malah anjlok dan USA RUSIA GEBER PRODUKSI OIL plus shaile oil digenjot produksinya agar harga oil hancur.******* Si rijek mesti hati2 di sana..jangan sampai kena rudal,bom ataupun peluru nyasar qiqiqiqiqiqi

07-Jun-17 12:12 | INCO lovers *guest*:
@bro Selalu Senang, ane sudah ikutan petunjuk suhu buat xixil2 INCO...tapi memang untuk saham ini mesti pantatnya lebar, tidak bisa langsung ngelunjak seperti PSAB....hihihi

06-Jun-17 22:31 | Philipp Lahm *guest*:
Penyebab AISA turun ::: JAKARTA – During the first three months of 2017, PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (AISA) posted a decrease from the rice mill segment. In this period, the company’s net sales was as much as Rp 1.45 trillion which fell from Rp 1.66 trillion in 1Q 2016. The decrease in net sales was mainly contributed by drop in several segments such as biscuit, candy and agribusiness. The agribusiness also posted zero contribution, while contribution from rice mills fell significantly from Rp 1.11 trillion to Rp 922.47 billion. The rice business segment comes up with 7 brands namely Maknyuss, Cap Ayam Jago, Jatisari, Istana Bangkok, Desa Cianjur, Beras Rumah Adat and Rojolele Dumbo. TPS Rice is a business division of the TPS Food engaged in the milling and distribution of rice. As part of business development, TPS Rice will add two rice mills with a capacity respectively of 120,000 tons per year in Sidrap and Bone. Construction of one of the rice mill in Sidrap is estimated to be completed in 2017, while for the plan to add one rice mill in Bone, the Company is getting into the possibility to move the plan to build units Bone East Java or West Java in order to expand the existing plant. However, TPS Food managed to cut down its cost of goods sold from Rp 1.25 trillion in 1Q 2016 to Rp 1.08 trillion in 1Q 2017. As a result, the company booked Rp 103.54 billion of net profit in the first quarter of 2017 or fell from Rp 122.97 billion in the same period previous year. (LM)

06-Jun-17 18:45 | mendoan *guest*:
http://nasional.kontan.co.id/news/alasan-nasabah-bersaldo-rp-200-juta-wajib-lapor ,,,,, Gile lu ndro, 200 jeti juga diincer pajak...belum puas juga sama tax amnesti, sekarang yang menengah kebawah juga mau diperas juga

06-Jun-17 12:58 | sada *guest*:
http://nasional.kompas.com/read/2017/06/06/12140031/jokowi.oknum-oknum.penghambat.investasi.harus.hilang. ***** Mestinya harus dihilangkan!!!

05-Jun-17 19:16 | INVESTORASING:
Pada akhirnya tikus putih laboratorium dengan mata merah yg sakit jatuh lagi, padahal ada Pihak2 yg ankat MDRN bbrp waktu yg lalu. Namun kenapa pihak asing menjual MDRN? Karena apabila CPIN nggak membeli MDRN, alasan tidak relevan,utang nggak bisa lagi di bayar dengan Bisnis lainya.Kan secara nominal murah dan hampir suci. Terjadi perang antara semut hitam dan semut merah. Lihat ini yg lucu,hahaha.ANIMASI TERBARU "PERANG SEMUT MERAH VS SEMUT HITAM" KEREN BANGET. Jadi yg domestik setengah mati dengan MDRN. Sy juga heran sampai ada yg menghabiskan waktu di situ walaupun masa depan di luar gorengan MDRN nggak ada. Kemudian bbrp ikan sarden terpaksa menjual BUMI dan juga saham lainya. Margin memang mahal,hahahaha. Setelah Ikan Sarden dan tukang becak kehabisan tenaga dan api, kita akan tiba2 muncul ke depan. Menurut sy stres masih amat besar dan bagus utk tunggu sedikit, supaya lebih murah.Sementara menarik BC Perbankan. Masih ada potensi yg cukup besar utk BBCA BBRI BMRI BNGA BDMN BBNI BBTN dan bbrp saham perbankan yg masih kecil. Bank yg masih kecil seperti BABP dan penuh CA mulai menarik utk ke depan. BNLI karena kredit yg macet sedikit turun. Bank ini akan menjadi besar ke depan. Tunggu di bawah mungkin karena stres berat dapat lebih murah. Gravitasi akan bawa bbrp jumlah saham ke tangan kita.Margin yg suci akan juga membantu.Selamat sukses.Kevin.

05-Jun-17 13:23 | Suprise *guest*:
hi hi hi ... aku pikir aku doank yang ngak begitu suka sama AR. buat aku itu yang bikin nyolot kakek itu suka banget bikin suasana jadi tambah panas... coba lihat Bj Habibie, tegur ahok juga 4 mata. mestinya gitu bro.

04-Jun-17 16:21 | INVESTORASING:
Itulah sifatnya dari rata2 pihak domestik.Jadi semua masih tergantung hanya secara rata2 dari Investor Asing. Karena itu kita mau tau apa yg terjadi di Pemerintah. Semakin banyak Maling dan penipuan dari mana pun masuk penjara, semakin serius dan aman pada akhirna RI di mata dunia dan Investor. Trader nggak relevan utk ke depan.


Kopi Luwak | Kopi Medan | Kopi Sidikalang | Mandheling | Kopi gayo | Kopi Lintong | Kopi Mandailing |
©Copyright Saham | IDsaham.com (nelaiyan@gmail.com/ sahamfundamental.blogspot.com)